Iklan

terkini

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CASN BKKBN 2024: 10 Besar Instansi dengan Pelamar Terbanyak

Chaidir
23 Oktober 2024, 11:38:00 AM WIB Last Updated 2024-10-23T04:39:07Z
Portalssi, Jakarta : Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) per hari Selasa (22/10/2024) resmi menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2024. 

Bertempat di Hotel Naraya, Jakarta, kegiatan ini akan berlangsung selama tujuh hari hingga 28 Oktober 2024 mendatang.

Terbagi dalam 22 sesi SKD, sebanyak 27.685 pelamar bersaing untuk memperebutkan 1.206 formasi yang ditempatkan di BKKBN Pusat, Kantor UPT, dan Perwakilan BKKBN Provinsi. 

Diketahui, dari jumlah tersebut menjadikan BKKBN sebagai 10 besar instansi dengan pelamar terbanyak tahun ini. Adapun jenis formasinya terdiri dari 1.156 umum, 25 disabilitas, 15 Ibu Kota Nusantara (IKN), serta 10 Putra Putri Papua.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM), I Made Yudhistira Dwipayama, S.Psi, M.Si, menyampaikan bahwa proses seleksi ini bertujuan untuk menjaring calon ASN terbaik yang mampu mendukung berbagai program strategis BKKBN. Terutama dalam bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

"Seleksi kompetensi dasar ini tujuannya  untuk menyeleksi calon-calon Pegawai Negeri Sipil terkait dengan kompetensi dasarnya, intelegensi umumnya, wawasan kebangsaan dan juga tes kepribadian," ujar Made.

Ia menambahkan bahwa seleksi ini dapat menyaring pelamar agar bisa menjadi pegawai yang kompeten, memiliki integritas, dan juga profesional untuk mengelola program Bangga Kencana yang berdampak pada masyarakat.

Pelaksanaan SKD di lingkungan BKKBN merupakan bagian dari proses seleksi nasional yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Proses seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk memastikan akurasi dan transparansi penilaian. 

Setiap sesi ujian dipantau secara ketat oleh panitia untuk memastikan kelancaran dan protokol ujian berjalan dengan baik.

"Harapannya, penyelenggaraan bisa berjalan lancar. Teman-teman peserta yang hadir di sini diberikan ketenangan, kelancaran, kesehatan, jangan sampai ada yang sakit, dan hal-hal yang tidak kita inginkan. Dan panitia juga bisa menyelenggarakan kegiatan SKD ini secara baik, profesional," tukas Made.

Hari pertama pelaksanaan SKD yang diikuti sekitar 900 peserta ini berlangsung tertib dan lancar. Peserta diminta hadir lebih awal untuk registrasi dan pemeriksaan administrasi sebelum memasuki ruang ujian. 

Panitia juga memberikan arahan teknis terkait prosedur ujian berbasis komputer (CAT) yang akan digunakan selama tes berlangsung.

Salah satu peserta ujian, Raja, membagikan pengalamannya sesaat sebelum memasuki ruang ujian. “Perasaannya luar biasa, semangat yang pasti. Baru pertama kali ikut tes PNS lihat teman-teman langsung menggebu-gebu pengen langsung tes aja,” ungkapnya yang notabene mengikuti bimbingan belajar khusus untuk seleksi ini.

Peserta lainnya, Yesi, menyatakan bahwa dirinya merasa antusias sekaligus gugup menghadapi ujian SKD ini, serta sudah mempersiapkan diri secara matang. "Saya melamar sebagai Penyuluh Keluarga Berencana Provinsi Bali, pas tahu lolos langsung belajar," katanya.

Pelaksanaan SKD BKKBN di Hotel Naraya ini akan terus dipantau oleh tim pengawas dari BKN dan Biro SDM BKKBN hingga sesi terakhir. 

Berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024, pengumuman hasil SKD CPNS 2024 secara umum di instansi se-Indonesia akan berlangsung pada 17-19 November 2024.(**)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CASN BKKBN 2024: 10 Besar Instansi dengan Pelamar Terbanyak

Terkini