Iklan

terkini

Pangdam Iskandar Muda Pimpin Ziarah Nasional dalam rangka peringatan HUT Ke-79 TNI

Chaidir
04 Oktober 2024, 9:21:00 PM WIB Last Updated 2024-10-04T14:22:14Z
.

Portalssi, Banda Aceh : Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (HUT Ke -79 TNI), Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. (Han), memimpin Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Jl. Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, pada Jum'at (04/10/24) pagi.

Ziarah Nasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Ke-79 TNI, yang bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan mendalam. Sebagai pimpinan acara, Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal kemudian meletakkan karangan bunga di tugu pahlawan sebagai simbol penghargaan atas pengorbanan mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IM menegaskan pentingnya mengenang perjuangan para pahlawan. "Kegiatan ini merupakan wujud penghormatan kita terhadap jasa-jasa pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan Indonesia. Melalui momen ini, kita diingatkan kembali akan pengorbanan dan semangat juang mereka. Kita, sebagai generasi penerus, memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," ujar Pangdam.

Ziarah Nasional dalam rangka HUT Ke-79 TNI ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, sebagai bentuk penghormatan dari seluruh jajaran TNI kepada arwah para pahlawan bangsa.

Kegiatan ziarah ini diakhiri dengan prosesi tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Pangdam IM di makam alm. Mayjen TNI Nyak Adam Kamil dan alm. Mayjen TNI (Purn) H. T. Djohan, serta beberapa makam pahlawan lainnya. Seluruh rangkaian prosesi berlangsung khidmat dan diikuti oleh jajaran peserta upacara. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj. Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, para pejabat utama Kodam IM beserta istri, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda, Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda beserta istri, Komandan Lanal Sabang beserta istri, serta perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh. Sejumlah prajurit dan PNS Kodam IM juga ikut serta dalam upacara tersebut.

Dengan prosesi ziarah dan tabur bunga ini, HUT TNI ke-79 menjadi momentum untuk terus mengingat perjuangan para pahlawan dan melanjutkan semangat juang dalam menjaga keutuhan NKRI.(**)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam Iskandar Muda Pimpin Ziarah Nasional dalam rangka peringatan HUT Ke-79 TNI

Terkini