Iklan

terkini

2025, PEMA Targetkan Eksport Cangkang Sawit dan Bangun Industri Minyak Goreng

Chaidir
12 Oktober 2024, 5:00:00 PM WIB Last Updated 2024-10-12T10:00:35Z
Portalssi, Banda Aceh : Sekdis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Azanudding Kurnia dalam diskusi menyatakan, “Bahwa luas perkebunan sawit di Aceh mencapai 423 juta ha, sedangkan jumlah produksi CPO, sekitar 50 juta ton/tahun. Namun Aceh, secara  Pendapat Asli Daerah (PAD) bisa dikatakan tidak ada,” dalam FGD yang diadakan oleh Forum Jurnalis Ekonomi Aceh (JEA) yang bertemakan “Menyukat Tantangan dan Peluang Hilirisasi Kelapa Sawit di Aceh, Jumat (11/10/2024) 

Hal tersebut ia ungkapkan saat menjawab pertanyaan seorang peserta FGD terkait besaran PAD Aceh dari sector kelapa sawit. 

“Ini pernah ditanyakan saat saya di undang oleh pihak Polda dan Kejaksaan, terkait PAD dari perkebunan sawit. Bisa di cek ke kantor Pajak, pasti tidak ditemukan,” tegasnya.

Untuk itu, diperlukan regulasi dan dukungan dari pemerintah daerah dalam mensiasati kondisi tersebut, “Salah satunya adalah dengan membangun industry hilir. Ini kerja berat, namun harus kita lakukan. Dan saya berharap PT PEMA melakukan terobosan ini”.

Senada juga diungkapkan, Wakil Sekjen DPP APKASINDO Aceh, Fadhil Ali. “Dengan adanya isndutri hilir, tentunya petani sawit memiliki harapan yang lebih besar. Tidak terus menerus tergerus dengan fluktuasi harga,” tambahnya. 

Mempersiapkan Ekspor Cangkang Sawit

Terkait permasalahan tersebut, Manajer Industri dan Perdagangan PT PEMA Sadikin Nugraha menjelaskan bahwa program hilirisasi sudah mulai dilakukan. “Untuk tahap awal, kita melakukan eksport cangkang yang akan direncanakan pada Februari 2025”. 

“Jadi saat ini, PT PEMA sedang mempersiapkan rencana ekspor ke Jepang. Awalnya akan dilakukan via Pelabuhan Langsa. Namun karena ada beberapa kendala teknis, maka kegiatan eksport dipindahkan Krueng Geukuh”. 

Ia pun menyebutkan, “Dari pendalaman, total potensi produksi cangkang sawit di Aceh mencapai sebesar 800 ribu ton per tahun. Namun untuk awal kita menargetkan 100ribu ton selama tahun 2025 yang diperkirakan bernilai Rp 1.2 Triliun”.

Dari ekspor, pihaknya berkomitmen bahwa sebagian pendapatan akan kembali ke daerah, dengan kontribusi mencapai kisaran 7-8 persen. 

Sadikin menambahkan bahwa perusahaan yang menjalankan ekspor ini akan dilakukan oleh anak perusahaan PEMA, yakni Global Servis (PGS), yang fokus di bidang jasa dan perdagangan

*Pembangunan Industri Minyak Goreng* 

Dari pemetaan bisnis dan penawaran yang telah dilakukan oleh PT PEMA, “Untuk membangun satu industry pengolahan minyak goreng, diperlukan biaya sekitar Rp 150 Milyar dengan target produksi sekitar 80 ribu ton”.

Menurut Sadikin, PEMA telah melakukan kajian mendalam terkait proyek ini, meskipun masih menghadapi tantangan dalam mendapatkan pasokan CPO (Crude Palm Oil). “Kita hanya membutuhkan 5-10 persen dari total produksi CPO, atau sekitar 80 ribu ton per bulan. Dengan itu, pabrik minyak goreng yang kita rancang bisa memproduksi antara 50-100 ribu ton per bulan,” kata Sadikin. (**)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 2025, PEMA Targetkan Eksport Cangkang Sawit dan Bangun Industri Minyak Goreng

Terkini