Iklan

terkini

Serangkaian event bertajuk Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 digelar di Aceh Tengah

Chaidir
22 September 2024, 2:28:00 PM WIB Last Updated 2024-09-22T07:29:04Z

Portalssi, Aceh : Serangkaian event bertajuk Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 digelar di Aceh Tengah dalam rangka memeriahkan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut di Aceh Tengah.

Rangkaian kegiatan ini dibuka oleh Pj Bupati Aceh Tengah Subhandhy di Lapangan Setdakab, Takengon, Aceh Tengah, Jumat (13/09/2024) malam.

Subhandhy mengatakan Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Aceh

Tengah dikemas dengan tiga rangkaian event yaitu Festival Ekonomi Kreatif dan Gayo Art Festival yang digelar bersamaan di Lapangan Setdakab, Aceh Tengah, pada 13-15 September, serta Serinen Art and Culture Festival yang akan berlangsung di Blang Gele, Aceh Tengah, 17-18 September.

 “Ketiga kegiatan kolaborasi yang juga masuk dalam rangkaian Aceh Festival 2024 ini ingin memperkenalkan dan menghibur masyarakat khususnya tamu PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang bertanding di Aceh Tengah,” ujarnya.

Pj Bupati menegaskan kegiatan Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi bukti nyata olahraga dapat menjadi jembatan bagi pengembangan sektor-sektor lainnya seperti kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mari kita perkenalkan produk kita kepada tamu dan kami juga harapkan agar dapat ditampilkan atraksi seni budaya yang terbaik dan produk-produk UMKM terbaik dari Aceh Tengah,” katanya.

Dia menerangkan Festival Ekonomi Kreatif yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menghadirkan sekitar 40 stand UMKM, 15 stand pelaku ekonomi kreatif, dan 20 coffee truck yang ada di Aceh Tengah.

Festival ini, sebutnya, juga akan diisi dengan jamuan Gala Dinner kepada sekitar 600 orang official dan atlet PON XXI yang berlaga di Aceh Tengah pada hari kedua acara.

“ Kita akan undang seluruh official, atlit dan KONI pusat untuk makan bersama disini,” ujarnya dari atas panggung utama

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal melalui Kepala Bidang Pemasaran Teuku Hendra Faisal menambahkan, Gayo Art Festival merupakan event dukungan dari Kemenparekraf RI yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Festival ini menampilkan grup sanggar kesenian dan artis lokal di panggung utama setiap harinya untuk memeriahkan Festival Ekonomi Kreatif.

Sementara itu, sebut Teuku Hendra, Serinen Art and Culture Festival di Blang Gele merupakan kegiatan dukungan dari Kemendikbud-Ristek RI yang diinisiasi oleh Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) RI Wil. 1 Aceh dan berkolaborasi dengan Gayo Cultural Lab.

“Persembahan kolaborasi dari berbagai instansi ini diharapkan dapat menjadi sajian menarik dan menghibur dalam memeriahkan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Aceh Tengah khususnya,” kata Teuku Hendra.

Dia menerangkan, kegiatan Semarak PON XXI ini terbuka untuk umum. Para pengisi tenant dan pengunjung diharapkan dapat menjaga kebersihan selama berlangsungnya kegiatan (**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Serangkaian event bertajuk Semarak PON XXI Aceh-Sumut 2024 digelar di Aceh Tengah

Terkini