Iklan

terkini

Pompa Rusak, Suplai Air ke Ribuan Pelanggan PDAM Tirta Mountala Terganggu

Chaidir
13 Juni 2023, 10:06:00 AM WIB Last Updated 2023-06-13T03:06:25Z



Portalssi, Aceh Besar : Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala, Kabupaten Aceh Besar, menyatakan suplai air kepada ribuan pelanggan terganggu akibat pompa mengalami kerusakan.

Hal tersebut dikatakan Direktur Teknik PDAM Tirta Mountala Salma di Aceh Besar, Kamis, diruang kerjanya.  Beliau mengatakan ribuan pelanggan yang mengalami gangguan suplai air meliputi wilayah Baitussalam, Darussalam, Mesjid Raya, Krueng Barona Jaya, dan sekitarnya.

"Pompa air yang rusak yang di Intake WTP Pasie di Kecamatan Ingin Jaya. Di tempat itu ada dua pompa, hanya satu yang berfungsi. Kerusakan terjadi sejak Selasa (6/6)," kata Salman.   Salman mengatakan kerusakan pompa tersebut bukan yang pertama terjadi, tetapi sudah berulang kali. Dengan kondisi yang sudah berulang kali diperbaiki, maka perlu diganti dengan pompa yang baru.

Menurut Dia, dengan rusaknya satu pompa tersebut mengakibatkan suplai air kepada pelanggan turun hingga 50 persen. Sedangkan Intake WTP Pasie melayani 7.000 pelanggan.

"Dengan kerusakan pompa tersebut, suplai air kepada 3.500 pelanggan terganggu. Kami terus berupaya mengatasi masalah pompa tersebut, sehingga suplai air kepada pelanggan PDAM Tirta Mountala kembali normal," kata Salman.

 
Salman menambahkan saat ini pihaknya sudah memesan pompa yang baru di Medan, Sumatera Utara, menggantikan pompa yang rusak tersebut. Apabila pengiriman pompa baru tiba, langsung dipasang agar gangguan suplai air kepada pelanggan tidak terlalu lama.

Menyangkut sebelumnya ada gangguan suplai air kepada pelanggan di wilayah Darul Imarah, Pekan Bada, dan Darul Kamal, Salman mengatakan hal itu terjadi karena keringnya penampungan air di Mata Ie. Dan kini, sudah teratasi dengan adanya hujan di wilayah Aceh Besar dan sekitarnya.

"PDAM Tirta Mountala memiliki cabang, yakni Kota Jantho, Indrapuri, Siron, dan Darul Imarah. Suplai air bersih di cabang lainnya tetap berjalan normal. Kami berharap kerusakan pompa tersebut segera teratasi setelah pengiriman pompa baru tiba," kata Salman.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pompa Rusak, Suplai Air ke Ribuan Pelanggan PDAM Tirta Mountala Terganggu

Terkini