Iklan

terkini

Plt. Kaper BKKBN Aceh : perayaan Harganas Merupakan Momentum yang Sangat Penting dan Strategis

Chaidir
15 Juni 2023, 3:44:00 PM WIB Last Updated 2023-06-15T08:44:48Z





Portalssi, Redelong :  Perayaan Harganas yang diperingati  setiap 29 Juni, merupakan momentum yang menjadi sangat penting dan strategis, sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, hal tersebut dikatakan PLT. Kaper BKKBN Aceh, Husni Thamrin.

Pada acara Pelaksanaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Aceh dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023, yang dipusatkan di Kabupaten Bener Meriah, pada Rabu, (14/6/2023). 

Ini merupakan pilar utama dalam pembangunan bangsa guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera. Nah, melalui  pendekatan pengelolaan program KB yang terfokus pada isu kesehatan dan  hak reproduksi diperlukan sesuai dengan perkembangan zaman untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

 Dalam usaha menghindari kehamilan yang tidak diiginkan (KTD) dan kehamilan beresiko kesemuanya berkontribusi terhadap terhindarnya  peningkatan prevalensi bayi lahir prematur dan BBLR yang dapat meningkatkan risiko terjadinya stunting.

Dengan memanfaatkan Momentum Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 tahun 2023, BKKBN berinisiatif untuk melakukan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dengan tujuan meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi Pasangan Usia Subur (PUS). PSA yang dilaksanakan dalam satu hari ini menargetkan minimal sebesar satu juta akseptor terlayani secara Nasional. Aceh diberi target oleh nasional sebanyak 26 ribu akseptor," sebut Husni Thamrin.

Harganas ke-30 Tahun 2023 dibuka oleh Pj. Bupati Bener Meriah yang diwaliki Asisten I Sekdakab, Sayutiman SE.MM.

Asisten I Sekdakab Bener Meriah, Sayutiman saat membacakan pidato Pj. Bupati menyebutkan, berdasarkan penelitian ilmiah, keluarga yang memiliki dua anak bisa menurunkan angka kematian Ibu dan bayi, serta dapat menjaga kesehatan reproduksi bagi Ibu. "Dua anak lebih sehat bukan bahasa program tetapi adalah bahasa medis yang diterjemahkan ke dalam program. Dua anak sehat juga sebagai salah satu upaya strategis pemerintah dalam memutuskan mata rantai stunting, yang saat ini menjadi isu strategis nasional hingga daerah, yang harus ditangani secara serius," ucapnya.

Selanjutnya ia mengatakan, setiap orangtua harus memastikan seluruh anaknya tumbuh dan berkembang dengan sehat, selain daripada faktor kesehatan ibu, juga pola asuh yang diterapkan baik dan benar, serta jarak kelahiran juga berpengaruh. Sayutiman juga menyampaikan harapan dari Pj. Bupati Bener Meriah, bahwa  momentum Harganas ke-30 tahun ini, dengan diadakannya kegiatan pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor diseluruh Fasyankes di Indonesia dan di Aceh berpusat di Bener Meriah, telah memberikan segudang manfaat bagi akseptor.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt. Kaper BKKBN Aceh : perayaan Harganas Merupakan Momentum yang Sangat Penting dan Strategis

Terkini