Iklan

terkini

Pj Bupati Aceh Barat menyerahkan secara simbolis bantuan pangan berupa beras kemasan 10 Kg kepada 9 KPM

Chaidir
05 April 2023, 10:13:00 PM WIB Last Updated 2023-04-05T15:13:50Z




Portalssi, Meulaboh : Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, menghadiri acara penyaluran perdana bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahun 2023, yang dilaksanakan di Kantor Pos Indonesia Cabang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (05-04-2023). 

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Mahdi menyerahkan secara simbolis bantuan pangan berupa beras kemasan 10 Kg kepada 9 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sekaligus menandai dimulainya penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) pangan CBP bagi 17.777 KPM di 12 Kecamatan se Kabupaten Aceh Barat dengan total bantuan mencapai 534 ton beras, yang akan disalurkan melalui 3 tahap, mulai akhir Maret s/d Mei 2023.

Adapun bantuan sosial pangan berupa beras ini merupakan bagian dari penyelenggaraan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) berdasarkan Perpres 125 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dan ditindaklanjuti dengan Perbadan Nomor 12 tahun 2022 tentang Cadangan Beras Pemerintah, yang didistribusikan melalui Perum Bulog dan disalurkan oleh PT. Pos Indonesia di masing-masing daerah, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi, menyampaikan penyaluran bantuan pangan CBP tersebut merupakan program bantuan dari Badan Pangan Nasional dalam rangka melakukan antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan keperluan yang ditetapkan Pemerintah, di antaranya stabilitas harga, mengatasi masalah pangan, mengatasi krisis pangan, dan pemberian bantuan pangan.

"Bantuan pangan ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat penerima manfaat, sekaligus menjadi langkah konkrit dari upaya menjaga stabilitas harga bahan pangan kebutuhan pokok masyarakat, pengendalian inflasi daerah, serta penanggulangan kemiskinan ekstrem" ucap Pj Bupati Aceh Barat itu. 

Ia menjelaskan bantuan pangan berupa beras tersebut akan disalurkan dengan kemasan 10 kg, untuk 17.777 KPM di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Barat, yang akan dilakukan selama 3 bulan mulai dari bulan Maret hingga Mei 2023 di beberapa titik penyaluran seperti Kantor Pos Meulaboh, kantor pos cabang pembantu, hingga titik lokasi lainnya di Kecamatan dan Gampong.

Untuk itu, Mahdi meminta kepada jajaran dinas terkait, bersama Perum Bulog Meulaboh dan PT Pos Meulaboh agar benar-benar memperhatikan data para penerima manfaat yang diperoleh dari Kementerian Sosial, sehingga proses pendistribusian bantuan berjalan dengan tertib, lancar dan tepat sasaran pintanya. 

Disamping itu, Pj Bupati Aceh Barat itu juga berpesan kepada para penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, apalagi di bulan suci ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri 1444 Hijriah mendatang, yang tentunya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. 

"Bantuan yang disalurkan ini menjadi wujud kepedulian dan ikhtiar Pemerintah untuk terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Barat" tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Meulaboh, Hardiansyah,  menerangkan bantuan pangan CBP di wilayah Kabupaten Aceh Barat ini merupakan program bantuan dari Badan Pangan Nasional yang disalurkan melalui PT. Pos Indonesia cabang Meulaboh kepada para KPM di seluruh Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat. 

Sebagai pihak penyalur, pihaknya telah menjadwalkan waktu pelaksanaan penyaluran hingga tiga bulan kedepan. Tidak hanya di kantor Pos Meulaboh, namun titik penyaluran bantuan juga akan dilaksanakan di Kecamatan dan desa, bahkan dengan sistem door to door, sehingga penyaluran bisa dilakukan secara optimal dan tepat sasaran. 

"Semoga bantuan yang disalurkan ini bisa meringankan beban masyarakat di Aceh Barat. Kami akan terus memantau dan mengevaluasi agar penyalurannya bisa maksimal dan tepat sasaran" Pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perum Bulog cabang Meulaboh diwakili Asisten Manajer Akuntansi, Kepala dinas pangan Kabupaten Aceh Barat, Kepala dinas sosial Kabupaten Aceh Barat, Keuchik gampong Pasar Aceh, serta para perwakilan Keluarga Penerima Manfaat.(Samsul)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj Bupati Aceh Barat menyerahkan secara simbolis bantuan pangan berupa beras kemasan 10 Kg kepada 9 KPM

Terkini