Iklan

terkini

Kejuaraan olahraga asah otak Antar Pelajar SMA, Sederajat Provinsi Aceh Berlangsung di Tapaktuan

20 November 2022, 8:05:00 AM WIB Last Updated 2022-11-20T01:05:34Z


Portalssi, Tapaktuan : Kejuaraan olahraga asah otak atau catur antar pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se Provinsi Aceh berlangsung di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan dan mulai bertanding, Selasa 8 November 2022.

Koordinator panitia pelaksana, Ferizal S Salami saat membuka mengatakan pertandingan catur antar siswa ini diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh. Perhelatan ini berlangsung dari tanggal 8-11 November 2022. Kebetulan, Aceh Selatan dipercayakan sebagai tuan rumah.

"Kejuaraan catur ini diikuti 40 peserta dari 11 kabupaten/kota di Aceh. Sementara 12 kabupaten/kota lain tidak mengirim dutanya. Turnamen ini menyediakan hadiah sebagai uang pembinaan, masing-masing juara I sebesar Rp 7,5 juta, juara II Rp 5 juta, dan peringkat III Rp 4 juta," ujar Ferizal.

Lebih rinci disebutkan, 11 kabupaten/kota yang mengikuti turnamen tersebut, yakni Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Lhokseumawe, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Subulussalam, Pidie, Aceh Timur dan Aceh Selatan. Panitia menyiapkan kosumsi dan akomudasi serta perlengkapan olahraga.

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Cabang Aceh Selatan, Zamzami, menuturkan peserta kejuaraan catur pada event tahun ini merupakan atlet-atlet terbaik dan sering uji nyali di khazanah Provinsi Aceh.

"Kita berharap peserta menjunjung tinggi sportifitas, menahan emosi dan menunjukan yang terbaik diantara yang baik. Apabila jeli dimainkan, sekalipun pion, belum tertutup kemungkinan menjadi raja," papar Zamzami yang juga anggota DPRK setempat.

Ia menambahkan, kalaupun dihadapkan pada posisi kalah, jangan berkecil hati. Begitupun yang berhasil meraih kemenangan jangan terlalu gembira. Tugas adik-adik selanjutnya lebih berat untuk mempertahankan prestasi yang dicapai.

Sementara, Kepala Dispora Aceh Selatan, H Rustam, menyebutkan turnamen kejuaraan catur antar siswa SMA sederajat terlaksana atas dukungan dan kerja sama anggota DPRA Aceh Safrijal. Kata dia, ksempatan ini berpeluang untuk mengasah kemampuan pecatur.

"Mewakili Dispora Aceh, kami sampaikan terimakasih kepada saudara Safrijal anggota DPRA dari dapil 9 atas terlaksananya turnamen catur antar siswa di Tapaktuan. Mudah-mudahan olahraga catur bisa lebih gemilang di provinsi Aceh," tutup Rustam.(red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kejuaraan olahraga asah otak Antar Pelajar SMA, Sederajat Provinsi Aceh Berlangsung di Tapaktuan

Terkini