Iklan

terkini

Aceh Zona Terakhir Gelar Liga 3 2021, Berikut Daftar Juaranya

10 Januari 2022, 9:56:00 AM WIB Last Updated 2022-01-10T02:56:14Z


 Banda Aceh — Kompetisi Liga 3 Aceh 2021 sudah tuntas. Gelar juara disabet PSBL Langsa usai menang penalti lawan Galacticos FC. Aceh menjadi wilayah terakhir di Sumatra yang menggelar kompetisi kasta tersebut.


Dua tim lain yang lolos ke putaran nasional Lig 3 2021 adalah Galacticos FC dan PSLS Lhokseumawe. Tahun ini, Aceh mendapat kuota tiga wakil ke nasional. Jika dilihat dari Sumatra total ada 17 tim ke nasional.


Untuk sampai ke final dan juara Liga 3 Aceh, Elang Biru — julukan PSBL Langsa sudah melewati sembilan pertandingan sejak babak penyisihan grup yang dimulai sejak 4 Desember 2021 lalu.


Dari sembilan laga yang dilakoni, PSBL menang tujuh kali, sekali imbang dan satu kali kalah. Rinciannya adalah sebagai berikut:


Aceh Zona Terakhir Gelar Liga 3 2021, Berikut Daftar Juaranya


PSLS Lhokseumawe Raih Tiket Terakhir ke 64 Besar Nasional


Hasil Semifinal dan Jadwal Grand Final Liga 3 Aceh


PSBL Langsa Susul Galacticos FC ke Babak Final Liga 3 Aceh


Babak Penyisihan

PSBL Langsa vs Mayal Payed FC 5-1

PSBL Langsa vs Peureulak Raya 2-1

PSBL Langsa vs Putra Langsa FC 1-0


Hasil babak penyisihan meloloskan PSBL Langsa ke babak 16 besar dengan status juara grup dengan hasil sempurna. Tiga kali menang dengan catatan mencetak delapan gol dan dua kali kebobolan.


Di fase 16 besar, pertandingan berlangsung dengan sistem gugur alias knock off. PSBL Langsa bertemu Tamiang United. Laga ini berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh.


Pasukan racikan Muhammad Azhar menang besar dengan skor 6-0. Ini kemenangan terbesar yang berhasil dibukukan klub Liga 3 Aceh di babak ini. Striker PSBL Langsa, Jamaluddin menjadi pencetak hattrick pertama.


Hasil ini membuat PSBL Langsa lolos ke delapan besar dengan menyakinkan. Pada babak delapan besar kembali memakai sistem setengah kompetisi. PSBL Langsa tergabung dalam Grup J bersama PSAA Abulyatama, PSAS Singkil dan Galacticos FC.


Hasil babak delapan besar

PSAA Abulyatama vs PSBL Langsa 0-0

Galacticos FC vs PSBL Langsa 1-0

PSBL Langsa vs PSAS Singkil 3-0


Hasil tiga pertandingan ini menempatkan PSBL Langsa menjadi juara runner-up hingga berhak lolos ke semifinal.


Di semifinal PSBL Langsa bertemu PSLS Lhokseumawe.

Hasilnya:

PSLS Lhokseumawe vs PSBL Langsa 0-2


Kemenangan ini menjadikan T Reza Pratama dkk memastikan tiket ke putaran nasional sekaligus menuju final. Di partai pamungkas, PSBL menghadapi Galacticos FC yang mengalahkan mereka di fase delapan besar.


Partai final tak berlangsung mudah. Melewati 120 menit pertandingan dan skuel adu penalti. Hasilnya menang 5-4. Galacticos FC vs PSBL Langsa 2-2 (4-5). Dengan demikian, Fajrullah dkk menjadi Juara Liga 3 Aceh 2021.


Hasil ini membuat PSBL Langsa mengoleksi tropi keempatnya di level Provinsi Provinsi Aceh. Seperti dilansir serambinews.com, gelar pertama direbut pada tahun 1983. Saat itum PSBL menang atas PSLS Lhokseumawe di Stadion Lampineung, Banda Aceh.


Sayangnya, kiprah Hasan Basri dkk terhenti di babak 16 besar di Palembang, Sumatera Selatan. Pada tahun 1993, PSBL Langsa meraih gelar juara di kandang PSAP Sigli. Mereka menang atas tuan rumah PSAP dengan skor 3-2 di Stadion Kuta Asan, Sigli.

Bahkan, saat itu PSBL Langsa sukses promosi ke kompetisi Divisi I. Gelar ketiga mereka direbut pada tahun 1999 di Stadion Lampineung, Banda Aceh. Ketika itu, skuat Elang Biru berhasil menyingkirkan Persimura Beureunuen, Pidie di pertarungan babak final.


Bukan hanya sukses di Aceh, PSBL Langsa berhasil promosi ke divisi utama. Dan gelar terakhir adalah pada musim 2021 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aceh Zona Terakhir Gelar Liga 3 2021, Berikut Daftar Juaranya

Terkini